Jumat, 13 Januari 2012

penjelasan Susunan RPP terbaru

A. Apakah RPP itu?
 Berdasarkan PP tahun 2005 pasal 20 di nyatakan bahwa :
 ''Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang meuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran,materi ajar,metode pengajaran,sumber belajar,dan penilaian hasil belajar''.
B. Apa saja komponen RPP itu ?
 Rpp disusun untuk setiap KD yang dapat di laksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang di sesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.
C. Komponen RPP adalah :
 1.Identitas mata pelajaran,meliputi:
  a.Satuan pendidikan
  b.Kelas
  c.semester
  d.program studi
  e.mata pelajaran atau tema pelajaran
  f.jumlah pertemuan
 2. Standar Kompetensi
 Merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan,sikap dan keterampilan yang di harapkan dicapai pada setiap kelas atau semester [pada suatu mata pelajaran
 3. Kompetensi dasar
 Adalah sejumlah kemampuan yang harus di kuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.
 4. Indikator pencapaian kompetensi
 Adalah prilaku yang dapat di ukur atau di observasi untuk menunjukan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.Indikator di rumuskan dengan kata kerja operasional yang dapat di amati dan di ukur,yang mencakup pengetahuan,sikap dan keterampilan.
 5. Tujuan Pembelajaran
 Adalah menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan di capai oleh peserta didik sesuai kompetensi dasar.
 6. Materi ajar
 Memuat fakta,konsep,prinsip dan prosedur yang relevan dan di tulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kom[petensi.
 7. Alokasi waktu
 Di tentukan sesuai keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.
 8. Metode Pembelajaran
 Digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah di tetapkan.pemilihan metode pembelajaran di sesuiakan dengan situasi dan kondisi peserta didik serta karakter dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak di capai pada setiap mata pelajaran.
 9. Kegiatan Pembelajaran
 Untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus di cantumkan langkah - langkah kegiatan setiap pertemuanya.Pada dasarnya langkah - langkah kegiatan memuat unsur kegiatan sebagai berikut :
 a. Pendahuluan/pembuka
 b. Kegiatan inti
 c. Kegiatan penutup
 10. Penilaian hasil belajar
 Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar di sesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.
 11. Sumber belajar
 Penentuan sumber belajar di dasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi ajar,kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar